Inovasi Pendidikan dalam Upaya Membangun Generasi Milenial yang Berkarakter Kreatif di Era 4.0

Zaman telah berkembang sangat pesat sejak beberapa tahun kebelakang ini. Berbagai teknologi dan informasi sudah semakin maju dan berkembang dari tahun ke tahun. Segala hal yang awalnya sangat dianggap awam dan tabu semakin lama menjadi sesuatu yang dianggap lumrah oleh khalayak ramai. 

 

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat sangatlah mempermudah manusia untuk berinteraksi dengan orang lain di luaran sana dan membuat yang jauh menjadi sangat dekat karenanya. Kehebatan dunia informasi dan teknologi pun tidak semata-mata ada dan hadir begitu saja. Hal tersebut ada karena faktor dari Revolusi Industri 4.0.

 

Revolusi Industri 4.0 atau dalam istilah lainnya yaitu dapat dikenal dengan istilah “cyber physical system” merupakan sebuah fenomena dimana terjadinya kolaborasi antara teknologi siber dengan teknologi otomatisasi. Revolusi 4.0 sendiri hadir sejak abad ke-21 dengan mencirikan adanya penggabungan informasi ke dalam bidang industri.

 

 

Puncak industry di Indonesia telah diramalkan akan terjadi pada tahun 2030. Dengan adanya revolusi industry 4.0 ini, para pemuda milenial dianggap memiliki dan mampu mengambil bagian dalam pembaharuan dalam menghadapi revolusi industry 4.0 yang sedang gencar-gencarnya terjadi. Hal tersebut terjadi karena, 

 

khalayak menganggap bahwa kaum milenial dirasa mampu menghasilkan banyak ide-ide kreatif yang dirasa sangatlah diperlukan untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

 

Selain itu, pada bidang Pendidikan pun juga tidak ingin kalah untuk mengambil perannya dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 untuk menghasilkan inovasi-inovasi cemerlang yang dapat dihadirkan dan diajarkan oleh para tenaga pendidik kepada para siswanya kemudian.

 

 

Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 adalah fenomena yang merespons kebutuhan revolusi industri dengan penyesuaian kurikulum baru sesuai situasi saat ini. Kurikulum tersebut mampu membuka jendela dunia melalui genggaman contohnya memanfaatkan internet of things (IOT). 

 

Dengan kemunculan revolusi ini, mengubah banyak hal di berbagai sektor. Dimana yang pada awalnya membutuhkan banyak pekerja untuk menjalankan operasionalnya, sekarang digantikan dengan penggunaan mesin teknologi.

 

Inovasi pendidikan adalah suatu perubahan yang baru, dan kualitatif berbeda dari hal (yang ada sebelumnya), serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pendidikan. 

 

Tegasnya inovasi pendidikan adalah inovasi (pembaruan) dalam bidang pendidikan atau inovasi yang dilakukan untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan, inovasi pendidikan merupakan suatu ide, barang, metode yang dirasakan atau diamati sebagai hal baru bagi seseorang atau kelompok orang (masyarakat) baik berupa hasil invensi (yang baru) atau discovery (mengubah yang lama) yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau memecahkan masalah-masalah pendidikan.

 

Peran guru dalam inovasi dan pengembangan media pembelajaran sangat diperlukan mengingat guru dapat dikatakan sebagai pemain yang sangat berperan dalam proses belajar mengajar di kelas, hendaknya dapat mengolah kemampuannya untuk membuat media pembelajaran yang efektif dan efisien. 

 

Selain itu, Adapun banyak tantangan Pendidikan yang hadir di era industri 4.0 yaitu memberikan pemahaman atau pengetahuan kepada seluruh pendidik untuk mampu memanfaatkan ICT dalam pembelajaran, membimbing siswa dalam menggunakan ICT dan mempermudah pelaksanaan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.

 

Untuk dapat merencanakan proses pembelajaran secara inovatif yang mampu memberikan pengalaman yang berguna bagi siswa kita perlu memperhatikan komponen penting proses pembelajaran. Dari komponen proses pembelajaran itu guru dapat merencanakan kegiatan dan strategi pembelajaran yang relevan dengan tujuan belajar. 

 

Strategi pengembangan pembelajaran ini menjadi penting karena adanya beberapa persoalan dalam proses belajar yang mungkin ada dalam sebuah system pembelajaran. 

 

Strategi pengembangan pembelajaran meliputi adanya persiapan yang mencakup Analisis Kurikulum, analisis kebutuhan maupun desain pembelajaran. Kedua, metode yang digunakan secara umum adalah, klasikal , kelompok, individual. Ketiga, yaitu adanya evaluasi yang diperluakan untuk mengetahui apakah strategi yang digunakan cocok atau tidak.

 

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa inovasi Pendidikan di era revolusi industry 4.0 sangatlah penting untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan, inovasi pendidikan merupakan suatu ide, barang, metode yang dirasakan atau diamati sebagai hal baru bagi seseorang atau kelompok orang (masyarakat) 

 

baik berupa hasil invensi (yang baru) atau discovery (mengubah yg lama) yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau memecahkan masalah-masalah pendidikan. 

 

Selain itu, peran guru sebagai tenaga pendidik dan juga pemeran utama, sangatlah penting dalam pengembangan media pembelajaran yang kemudian akan sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

 


Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Inovasi Pendidikan dalam Upaya Membangun Generasi Milenial yang Berkarakter Kreatif di Era 4.0", Klik untuk baca:

https://www.kompasiana.com/rakapurnama7498/628cbd7af1f2986ff565a1e5/inovasi-pendidikan-dalam-upaya-membangun-generasi-milenial-yang-berkarakter-kreatif-di-era-4-0?page=1&page_images=1

 

Kreator: Raka Purnama

 

 

 

Kompasiana adalah platform blog, setiap konten menjadi tanggungjawab kreator.

 

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com